Mukernas PKS Bahas Pencalonan Presiden 2014

TEMPO Interaktif, Yogyakarta--Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Yogyakarta pada 24-27 Februari nanti akan membahas pencalonan presiden pada Pemilihan Umum 2014. “Ada tuntutan dari kader-kader kami untuk mulai serius terlibat dalam pemilihan presiden,” kata Sekretaris Jenderal PKS Anis Matta di Yogyakarta, Kamis (3/2).
Menurut Anis, kontrak politik PKS dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan berakhir pada 2014. Setelah itu, PKS belum memutuskan apakah akan kembali berkoalisi dengan partai-partai yang kini menjadi penyokong
pemerintahan Yudhoyono. “Itu tergantung dari peta situasi.” Yang jelas, kata Anis, “Ada desakan dari bawah untuk maju sendiri.”
Musyawarah Kerja Nasional PKS akan dihadiri sekitar 2.500 kader dan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah.
Selain membahas pencalonan presiden, PKS akan membahas pencalonan kadernya dalam pemilihan kepala daerah. “Sedapat mungkin kami mengajukan kader,” kata Anis. Pemilihan kepala daerah, menurut Anis, merupakan ajang untuk menguji kader-kader PKS di masyarakat. “Karena umur politik kami sudah lumayan,” ujar Anis.
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Yogyakarta, Sukamta, mencontohkan pemilihan kepala daerah di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo. Di dua tempat ini, PKS menargetkan minimal mendapat kursi wakil wali kota dan wakil bupati.

0 komentar:

Post a Comment