Tempat Wisata Di CaDa 5 Kabupaten Bogor

Istana Bogor
Tempat wisata atau Rekreasi sangat dibutuhkan oleh manusia di zaman modern seperti sekarang ini dan pasti tempat-tempat tersebut akan ramai  dikunjungi sehingga jalan menuju tempat wisata tersebut akan macet, seperti kemacetan yang terjadi di jalur puncak, bogor.

Dan di daerah bogor  barat khususnya leuwiliang, ada beberapa tempat wisata alternatif untuk rihlah, camping, hiking bahkan mukhoyyam sekalipun.

1. Perkebunan Teh Cianten
 Lokasi : Desa Purasari Kec. Leuwiliang, Desa Purwabakti Kec. Pamijahan.

Pengunjung dari arah Jakarta dapat mencapai perkebunan ini melalui jalan tol Jagorawi, keluar di pintu tol Bogor (Barangsiang), terus mengambil jalan ke arah Kampus IPB Dramaga, dan diteruskan dengan menuju ke Leuwiliang. Perkebunan teh ini berjarak sekitar 25 km dari Kec. Leuwiliang. Perkebunan teh PTPN VIII Cianten memiliki luas lahan 857,7 ha pada ketinggian 800 – 1.000 mdpl. Kondisi iklim relatif sejuk dengan suhu berada di kisaran 190C – 300C, kelembaban antara 38 – 80%, curah hujan rata-rata 5,238 mm. Perkebunan teh Cianten ini relatif jauh dari perkampungan penduduk, jarak terdekat dengan perkampungan penduduk + 7 km yaitu dengan Kp. Tanjungsari. Di tahun 2010 ini, Perkebunan teh Cianten akan segera membentuk Divisi Agrowisata sebagai upaya mengelola potensi dan kekayaan wisata di tempat tersebut. Potensi wisata yang ditawarkan oleh Perkebunan teh Cianten adalah keindahan alam dan kesejukan udara, air panas, curug (air terjun), track sepeda gunung dan tea walk. Di daerah tersebut juga terdapat sebuah perusahaan yang bergerak di bidang sayuran dan perkebunan yaitu PT. Megapolitas Karacak. Aksesibilitas menuju perkebunan teh Cianten ini relatif baik. Kondisi jalan sepanjang + 12 km dari Kec. Leuwiliang sampai Desa Purasari dalam keadaan baik dengan lebar jalan + 4 m. Sedangkan sisanya + 13 km dari Desa Purasari sampai dengan lokasi perkebunan dalam keadaan rusak namun masih dapat dilewati kendaran bermotor. Apabila Anda memerlukan alternatif perjalanan wisata yang segar dan menantang, Anda dapat menjadikan perkebunan teh Cianten ini sebagai pilihan wisata keluarga. Rasakan pengalaman adventure dan pesona keindahan kebun teh dalam suasana pedesaan yang alami.


2. Goa Gudawang 



Obyek wisata ini terletak di Desa Argapura Kec. Cigudeg kurang lebih berjarak 44 km dari Bogor menuju arah Leuwiliang - Jasinga dan memilki luas + 2,5 ha. Goa Gudawang merupakan sebuah Goa Kapur dimanan di dalamnya terdapat tiga buah goa yang dibuka untuk umum yaitu Simenteng, Simasigit, dan Sipahang. Goa ini telah dilengkapi dengan penerangan, shelter, musholla, panggung pertunjukan, dan taman bermain anak-anak. dalam goa ini pengunjung dapat menemukan stalagmit dan stalaktit serta kumpulan kelelelawar yang bergelantungan di dalam goa.

3. Gunung Salak Indah


Gunung Salak Endah terletak di sebelah Barat Kabupaten Bogor, jarak tempuhnya kurang lebih 40 Km dari Kota Bogor. Kawasan GSE Merupakan hamparan pegunungan yang masih alami, sejuk dan udaranya segar. Tak heran apabila banyak orang menyebutnya sebagai Puncak ke-2. Di GSE ini terdapat beberapa obyek wisata yang layak dikunjungi, salah-satunya Curug Cigamea yang terletak di Kp. Rawa Lega Desa Gunung sari. Walaupun ketinggiannya air terjunnya tidak melebihi 50 meter namun lingkungan alam yang masih asli dan udaranya yang segar membuat kita ingin berlama-lama di sana. Lain halnya dengan Curug Seribu, dengan ketinggian air terjun melebihi 50 meter, Curug ini lebih terlihat indah dan amat menakjubkan.  Selain dua air terjun di atas, ada lagi Kawah Ratu. Kawah ini terletak pada ketinggian 1.338 m Dpl dengan suhu 10-200 C dan memiliki luas + 30 Ha. Kawah ini memiliki daya tarik yang unik, antara lain aktivitas geologinya. Sepanjang hari pun selalu mendidih dan mengeluarkan gas alam sulfat (H2S) dengan baunya yang khas dan kadang mengeluarkan suara gemuruh. Obyek wisata lainnya adalah Curug Ngumpet, sesuai dengan namanya "Ngumpet" berarti "tersembunyi", curug ini terlihat agak tersembunyi. Dengan panorama alam dan keasriannya, curug ini tak kalah menarik dengan curug lain yang ada di GSE. Selain itu ada juga sumber mata Air Panas Lokapurna yang terletak di Kp. Ciparay Desa Gunung Sari. Di sana terdapat juga fasilitas kolam renang, kamar pemandian, mushola dan lain-lain. Untuk yang hobi adventure, di kawasan GSE juga terdapat Bumi Perkemahan Gunung Bunder, letaknya di lereng Gunung Salak dengan ketinggian 800 mdpl dan suhu udara antara 18 - 230 C. Pemandangan alamnya begitu indah, karena lokasinya terletak pada kawasan hutan Pinus dan Rasamala.

4. Gunung Bubut


Ini dia salah satu tempat untuk wisata paling favorit masyarakat leuwiliang. Gunung bubut berada di wilayah Bogor barat tepatnya di desa Karacak kecamatan Leuwiliang, masyarakat yang ada di seputar leuwiliang sering menyebutnya dengan sebutan"GB" singkatan dari "Gunung Bubut",  tempat ini sering dijadikan arena olahraga seperti lari pagi, bersepeda, main sepak bola, volley maupun badmiton atau sekedar refresh fikiran, acara babacakan (makan makan) dengan kawan kawan atau keluarga,. Tempat ini merupakan sebuah waduk buatan berbebentuk pola raket tenis (kalau di lihat dari udara), yang terasa sejuk dan nyaman dengan adanya beberapa pohon yang rindang dan paduan sistem pemandangan dengan art desaigner bangunan seperti penggerak turbin air ala europa/belanda masih bisa kita rasakan di sini. Sebetulnya Gunung bubut merupakan bagian yang tidak bisa di pisahkan keberadaannya dari sistem PLTA Karacak, yang lokasinya berada di sebuah bukit di antara perbatasan desa Karacak dan Karyasari. Gunung bubut ini di bangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1926, dan dijadikan tempat penampungan air (waduk) untuk keperluan menjalankan Turbin generator PLTA yang jarak lokasi PLTA sendiri berada sekitar 1 KM dari waduk Gunung Bubut ini. Karena memang tempatnya Indah dan punya nilai seni lagi pula pengelola PLTA di sini memperbolehkan pengunjung masuk ke lokasi ini (Catatan tidak boleh buang sampah sembarangan), maka jadilah tempat ini banyak di keunjungi masyarakat, terutama pada hari libur sekolah dan libur nasional.

Posted By : DPC PKS Leuwiliang

2 komentar:

melihat hamparan perkebunan teh hal sangat menarik,,
apalagi saat pagi hari,,
benar-benar asyik,,
thans ya gan selain perkebunan teh dapat kita temukan wisata lainnya yang menarik pula,,
bakalan menjadi liburan yang mantapp,,

wahh manteb kang jadi hoyong eui xixixiixxi

datang kang ka blog urang calingcing sukajaya kab bogor http://informasibogorbarat.blogspot.com

Post a Comment